Jumat, 22 Januari 2016

Tugas 7 Pengantar Bisnis: Laporan Keuangan dan Indikator Kinerja Perusahaan

Laporan Keuangan dan Indikator Kinerja Perusahaan
Laporan keuangan merupakan suatu ringkasan aktivitas dan informasi data keuangan perusahaan yang terjadi selama periode tertentu. Munawir dalam Sunyoto (2013) mengatakan bahwa, Laporan keuangan merupakan alat yang sangat penting untuk memperoleh informasi sehubungan dengan posisi keuangan dan hasil-hasil yang telah dicapai oleh perusahaan. Laporan keuangan berisikan informasi tentang prestasi perusahaan dimasa lampau dan dapat memberikan petunjuk menetapkan kebijakan dimasa yang akan datang. Laporan keuangan disajikan untuk kepentingan banyak pihak. Pihak internal dan pihak eksternal perusahaan, membutuhkan laporan keuangan untuk mengetahui kondisi keuangan suatu perusahaan.
Aspek penting dalam laporan keuangan yaitu, untuk membantu dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Laporan keuangan harus memenuhi beberapa syarat seperti, dapat dimengerti, tepat waktu, dan lengkap. Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan, harus jelas dan dapat dimengerti dengan menggunakan istilah yang disesuaikan oleh pihak pemakai. Laporan keuangan harus disampaikan tepat waktu untuk menghindari tertundanya pengambilan keputusan oleh pihak-pihak tertentu. Informasi yang disajikan harus lengkap dan memiliki data-data perusahan.
Tujuan dari laporan keuangan adalah menginformasikan data-data keuangan perusahaan kepada pihak yang berkepentingan. Informasi laporan keuangan juga harus dipertanggung jawabkan. Pertanggung jawaban itu mengambarkan indikator kesuksesan suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya. Laporan keuangan selain memberikan manfaat, juga tidak luput dari kekurangan. Kekurangan itu meliputi,  bukan laporan akhir, bersifat historis, dan bersifat konservatif.
Laporan keuangan juga dapat dijadikan dasar untuk penilaian kinerja perusahaan. Kinerja perusahaan adalah suatu ukuran dalam menilai keberhasilan atau prestasi kerja suatu perusahaan. Unsur yang memiliki kaitan langsung dengan kinerja perusahaan adalah laporan laba rugi. Penilaian kinerja perusahaan akibat dari proses pengambilan keputusan manajemen merupakan persoalan yang kompleks, karena menyangkut efektivitas pemanfaatan modal dan efisiensi dari kegiatan perusahaan. Penilaian kinerja perusahaan sangat diperlukan, dalam dunia bisnis yang saat ini telah berkembang pesat.


DAFTAR PUSTAKA

Sunyoto Danang.2013.Analisis Laporan Keuangan untuk Bisnis.Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar