Pasar dan Manajemen Pemasaran
Pasar
merupakan tempat dimana penjual dan pembeli berkumpul untuk bertukar
barang-barang mereka. Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang
memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu dan mampu dalam pertukaran, untuk
memenuhi kebutuhan itu. Penjual dan pembeli dihubungkan oleh empat aliran. Penjual
mengirimkan barang dan jasa serta komunikasi ke pasar, sebagai imbalannya
mereka memperoleh uang dan informasi. Lingkaran yang dalam menunjukkan
pertukaran uang dengan barang, lingkaran luar menunjukkan pertukaran informasi.
Ekonomi
modern saat ini, mengaitkan antara pasar dan pemasaran. Pemasaran adalah
kegiatan manusia dalam hubungannya dengan pasar. Pemasaran maksudnya bekerja
dengan pasar untuk mewujudkan transaksi yang mungkin terjadi dalam memenuhi
kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran memerlukan suatu manajemen.
Manajemen dibutuhkan pemasaran untuk merencanakan, pemberian harga, dan promosi
suatu barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen.
Manajemen
pemasaran adalah proses yang mencakup analisis, perencanaan, pelaksanaan dan
pengawasan juga mencakup barang, jasa serta gagasan. Tujuan manajemen pemasaran
berdasarkan pertukaran, yaitu untuk memberikan kepuasan bagi pihak yang terlibat.
Tugas pertama yang dihadapi manajemen pemasaran adalah menganalisis peluang
jangka panjang dalam pasar ini untuk memperbaiki kinerjanya sebagai divisi
bisnis. Manajer-manajer ini mengetahui banyaknya peluang dalam bidang peralatan
kantor yang tumbuh dengan cepat. Dalam hal ini, untuk mengevaluasi peluangnya,
perlu memiliki sistem informasi pemasaran yang handal.
Daftar Pustaka
Abdullah
Thamrin.2014.Manajemen Pemasaran.Depok: P.T Rajagrafindo Persada
Tidak ada komentar:
Posting Komentar