Minggu, 10 Januari 2016

Tugas 6 Pengantar Bisnis: Manajeman Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia


Dewasa ini secara alamiah dan praktek dalam mengelola sumber daya manusia khususnya di lingkungan perusahaan. Sumber daya manusia di lingkungan perusahaan menunjukkan bukti-bukti yang meyakinkan bahwa kegiatannya pada masa lalu mempunyai banyak kelemahan. Kelemahan-kelemahan itu pada umumnya bersifat fundamental. Sebagian besar kelemahan fundamental harus disesuaikan, yang menempatkan perbaikan dan penyempurnaan menjadi suatu yang baru, yakni Manajemen Sumber Daya Manusia. Dilihat dari struktur kata Manajemen SDM, masing-masing memiliki konsep.
Dengan kata lain harus diterima bahwa, kata Manajemen merupakan satu konsep. Sedangkan tiga kata lainnya, yaitu Sumber Daya Manusia juga memiliki satu konsep. Untuk itu agar pengertiannya dapat dipahami, akan dibahas lebih dahulu pengertian Manajemen yang berhubungan dengan SDM. Terry menyatakan bahwa Manajemen adalah pencapaian tujuan (organisasi) yang sudah ditentukan sebelumnya. Dengan mempergunakan bantuan orang lain. Pengertian tersebut secara eksplisit menyatakan unsur SDM dengan menyebutkannya bantuan orang lain.
Oleh karena itu pengertian ini sangat dekat hubungannya dengan pandangan-pandangan baru di dalam manajemen SDM. Kedekatan itu tersurat dan tersirat dalam pengakuan bahwa untuk mencapai tujuan organisasi, terdapat sejumlah manusia (SDM) yang ikut berperan dan harus diperankan. Sedangkan pengertian SDM adalah manusia yang bekerja di lingkungan suatu organisasi (personil, tenaga kerja, pekerja atau karyawan). Jadi dapat disimpulkan bahwa Manajemen Sumber Daya Manusia adalah proses mendayagunakan manusia sebagai tenaga kerja secara manusiawi, agar potensi fisik dan psikis yang dimilikinya berfungsi maksimal bagi pencapaian tujuan organisasi (perusahaan). Untuk mendorong potensi dan partisipasi pekerja melalui Manajemen SDM di perlukan kemampuan manajer memperlakukan pekerja secara manusiawi.


Daftar Pustaka
Nawawi Hadari.1998.Manajemen Sumber Daya Manusia.Yogyakarta: Gadjah Mada University

Tidak ada komentar:

Posting Komentar